Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres: Tahun Depan, Kita Perhitungkan Subsidi Tetap BBM

Kompas.com - 18/11/2014, 13:00 WIB
Icha Rastika

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan, pemerintah mulai memperhitungkan skema subsidi tetap bahan bakar minyak (BBM) pada tahun depan. Ia menargetkan skema subsidi tetap ini bisa diperlakukan tahun depan asalkan memperoleh persetujuan DPR.

"Bisa, bisa (direalisasikan tahun depan), itu administratif. Nanti kita bicarakan dengan DPR," kata Kalla, Selasa (18/11/2014), di Jakarta.

Kendati demikian, penerapan subsidi tetap memerlukan persiapan-persiapan. Pemerintah akan menghitung berapa besaran subsidi tetap yang bisa diberikan untuk BBM. "Ya, nanti kita tentukan saja, apakah seribu, dua ribu, nanti kita hitung. Bahwa berapapun naik turunnya seperti itu, nanti, tapi butuh persiapan-persiapan," ujar Kalla.

Senin (17/11/2014) malam kemarin, Presiden Joko Widodo mengumumkan kenaikan harga BBM bersubsidi. Harga premium dan solar mengalami kenaikan masing-masing sebesar Rp 2.000 per liter. Menurut Kalla, kenaikan sebesar itu yang masih dapat terjangkau oleh masyarakat. "Jadi kita hitung Rp 2.000 itu juga yang bisa dibeli masyarakat," katanya.

Dalam menetapkan nilai kenaikan harga itu, pemerintah memperhitungkan harga minyak dunia yang turun serta nilai tukar rupiah yang melemah.

baca juga: Harga Naik Jadi Rp 8.500, Premium Masih Disubsidi Rp 700 Per Liter

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com