Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNP2TKI Beri Pelatihan Budidaya Jamur kepada Mantan TKI dan Keluarganya

Kompas.com - 09/04/2015, 17:46 WIB

GARUT, KOMPAS.com - Badan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) gencar melaksanakan pelatihan kewiraswataan guna mengurangi jumlah orang  Indonesia yang mencari pekerjaan  diluar negeri.

"Program pelatihan itu secara bertahap dilakukan di puluhan desa/kabupaten/kota yang menjadi kantong calon serta purna Tenaga Kerja Indonesia," ujar Delta selaku Kepala BP3TKI Kabupaten Bandung, Jawa Barat dalam keterangan resminya, Kamis (9/4/2015).

Dia  mengutarakan hal itu ketika membuka pelatihan  bagi sedikitnya 50 purna TKI warga desa Cipaganti, kecamatan Cisurupan, kabupaten Garut yang pernah bekerja di Timur Tengah. Mereka selama dua hari mengikuti pelatihan budi daya jamur.

Menurut Delta, pelatihan ini merupakan tindak  lanjut rapat koordinasi pemberdayaan TKI dan keluarganya secara terintegrasi. Disebut terintegrasi karena melibatkan  kalangan perbankan, mitra lokal, profesional bisnis dan industri.

Salah satu pelatihan yang diberikan adalah budidaya jamur yang dilatih oleh Nurfaiz Almubarak serta Mochamad Sofyan Tsauri dari PT  Kowina Supa Rancage.

Selain itu, BNP2TKI juga tengah mengampanyekan program literasi keuangan dan perbankan bagi para TKI  agar mereka bisa menggunakan dana secara produktif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com