Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tutup Pekan, Rupiah Berpeluang Menguat

Kompas.com - 24/04/2015, 09:08 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah berpeluang variatif menanjak di akhir pekan ini, Jumat (24/4/2015).  Data Bloomberg pagi ini, menunjukkan, mata uang Garuda dibuka menguat ke Rp 12.935 per dollar AS, dibandingkan penutupan kemarin pada 12.954.

Turunnya indeks dollar AS menjadi sentimen positif mata uang garuda bersama mata uang lain di kawasan Asia. Setelah menguat di sepanjang pekan ini, indeks dollar AS akhirnya ditutup turun dini hari tadi. Hampir semua data ekonomi AS yang diumumkan Kamis waktu setempat lebih buruk dari periode sebelumnya.

Dollar AS sempat menguat di perdagangan Asia hingga kemarin sore setelah data manufaktur Tiongkok diumumkan turun.

Perhatian investor akan perlahan beralih kepada FOMC meeting yang akan diadakan pada Selasa (28/4/2015) pekan depan. Jika keraguan the Fed meningkat untuk menaikkan suku bunga acuan maka dapat dipastikan dollar AS akan mengembalikan tren pelemahannya. Malam ini ditunggu angka durable goods orders AS yang diperkirakan membaik.  

Rupiah kembali melemah hingga kemarin sore setelah dollar AS menguat secara merata terhadap mayoritas mata uang di Asia. Pelemahan rupiah terjadi bersamaan dengan pelemahan pada IHSG dan juga SUN.

Tidak hanya indeks dollar AS yang naik pada pagi hari kemarin yang menyebabkan rupiah tertekan tetapi angka manufaktur Tiongkok yang memburuk juga berkontribusi. Perlambatan ekonomi Tiongkok bisa berarti dua hal untuk Indonesia. Yakni, permintaan volume ekspor yang semakin rendah dan harga komoditas ekspor yang rendah. Kombinasi keduanya akan menekan nilai tukar serta pertumbuhan ekonomi.

"Tekanan pelemahan rupiah berpeluang tertahan hari ini melihat dollar yang turun cukup drastis dini hari tadi," demikian Riset Samuel Sekuritas Indonesia, pagi ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com