Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Pemerataan Tercapai bila Infrastruktur Lancar

Kompas.com - 15/06/2015, 03:39 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis


BAKAUHENI, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, pemerintah sedang mendorong pembangunan infrastruktur seperti konektivitas antar pulau karena dua per tiga wilayah Indonesia adalah laut.

"Pemerataan pembangunan akan tercapai apabila infrastruktur negara ini lancar," kata dia saat peresmian dermaga VI Pelabuhan Bakauhen Kabupaten Lampung Selatan, Sabtu (13/6/2015).

Pada kesempatan itu, Jokowi juga meresmikan pengoperasian tiga unit kapal motor penumpang (KMP) 5.000 gross ton (GT) yang berkapasitas 800 orang dan 1.324 kendaraan. Kapal karya anak bangsa itu siap dioperasikan dalam arus mudik tahun 2015 ini.

"Dinamika pembangunan di Lampung memang perlu percepatan, seperti jalan tol trans Sumatera," kata dia.

Pembangunan dermaga lengkap dengan penambahan kapal tersebut semuanya menggunakan dana APBN sebesar Rp 121 miliar.

Usai peresmian dermaga dan KMP di Bakauheni, Jokowi yang didampingi Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, dan serta sejumlah menteri lainnya serta Gubernur Lampung Ridho Ficardo langsung memantau pembangunan jalan tol di dititik nol Bakauheni dan Desa Sabah Balau Kabupaten Lampung Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com