Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Pesawat Komersial di Selandia Baru Tak Diizinkan Terbang akibat Gangguan Radar

Kompas.com - 23/06/2015, 13:07 WIB

WELLINGTON, KOMPAS.com — Otoritas penerbangan Selandia Baru menghentikan kegiatan operasional semua pesawat komersial dan sipil pada Selasa (23/6/2015), menyusul terjadinya gangguan pada sistem pengaturan arus lalu lintas udara di negara itu.

Airways New Zealand, yang mengelola arus lalu lintas udara di Selandia Baru, mengungkapkan bahwa semua penerbangan, baik untuk rute internasional maupun domestik terkena dampak dari gangguan tersebut.

Sementara itu, juru bicara Pemerintah Selandia Baru menyebutkan bahwa gangguan radar terjadi pada pukul 14.40 waktu setempat.

"Dampaknya, semua pesawat (di Selandia Baru) tidak diizinkan terbang. Tidak ada satu pun pesawat yang terbang di Selandia Baru. Pesawat yang sedang terbang harus mendarat," ujar juru bicara tersebut sebagaimana dikutip dari AFP, Selasa.

Setelah 90 menit mengalami gangguan terbang, Airways New Zealand menyatakan, gangguan telah diatasi, dan menyatakan bahwa kesalahan terjadi karena jaringan internal.

Menteri Transportasi Selandia Baru Simon Bridges menyatakan, para petugas pengatur arus lalu lintas udara masih bisa berkomunikasi dengan para pilot yang mengudara melalui radio, saat radar mengalami gangguan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com