Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Usaha RNI Resmikan Pembangkit Listrik Mikro Hidro

Kompas.com - 25/08/2015, 11:45 WIB
SOLOK, KOMPAS.com - Anak usaha PT Rajawali Nisantara Indonesia (RNI), yakni PT Mitra Kerinci meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) Liki. Pembangkit listrik mini ini memanfaatkan aliran sungai yang ada di wilayah tersebut.

PLTMH Liki yang diresmikan ini memiliki berkapasitas 7.500 watt. Direktur SDM dan Aset RNI Djoko Retnadi mengatakan pembangunannya didukung oleh peralatan hasil inovasi tim teknik secara swadaya dengan menggunakan dana Progam Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) RNI.

“Dengan listrik di semua areal perkebunan, masyarakat akan semakin antusias bekerja di kebun teh sehingga masalah kekurangan tenaga kerja dapat segera teratasi,” paparnya dalam penjelasan resmi yang diterima Kompas.com, Senin malam (24/8/2015).

Sementara itu Direktur Inovasi dan Pengembangan Usaha RNI Agung P. Murdanoto berharap PLTMH ini akan mampu menjadi solusi bagi masyarakat di Solok Selatan khususnya yang berada di sekitar perkebunan teh yang sampai saat ini masih kekurangan pasokan listrik.

“PLTMH ini dapat memberikan harapan baru bagi masyarakat di afdeling D yang mayoritas pemetik teh, mengingat di lokasi ini listrik masih menjadi barang yang langka,” ujar Agung.

Bagaimanapun, ketersediaan aliran listrik yang memadai akan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam kesempatan itu juga dilangsungkan peringatan ulang tahun ke-25 PT Mitra Kerinci, dengan menggelar berbagai kegiatan dalam event Festival Liki Merdeka. Kegiatan yang didukung BRI dan Telkom Indonesia ini dilaksanakan agar mampu menjadi ajang akulturasi berbagai kebudayaan yang ada di kebun Liki serta menjadi sarana untuk mempererat solidaritas di antara seluruh pemetik teh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com