Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Tertekan, Rupiah Melemah ke Kisaran 13.700

Kompas.com - 21/10/2015, 09:02 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada perdagangan Rabu (21/10/2015) kembali tertekan. Pada awal perdagangan pagi ini rupiah melemah di atas 13.700.

Di pasar spot, data Bloomberg menunjukkan,  rupiah dibuka melorot ke level 13.721,5. Hingga pukul 08.45 WIB, mata uang garuda berada di posisi Rp 13.703 per dollar AS.
 
Kemarin, rupiah  di pasar spot merosot 1,23 persen ke 13.683 dibandingkan hari sebelumnya. Sedangkan, kurs tengah rupiah di Bank Indonesia (BI) melemah 0,52 persen menjadi 13.634.

Kinerja rupiah dibebani spekulasi pelaku pasar terhadap sinyal kenaikan suku bunga The Fed jelang rapat Federal Open Market Committee (FOMC).

Analis Pasar Uang Bank BNI Reny Eka Putri menyebutkan, dollar AS kembali perkasa karena didukung data-data ekonomi yang positif sejak akhir pekan lalu, seperti inflasi, klaim pengangguran, dan sentimen konsumen.

“Ini memunculkan kembali spekluasi kenaikan suku bunga The Fed di tahun 2015,” sebut Reny seperi dikutip Kontan.

Pada hari ini Reny memperkirakan rupiah masih akan melanjutkan pelemahan. Katalis negatif datang dari testimoni Janet Yellen dan beberapa pejabat The Fed, seperti William Dudley dan Jerome Powell.

“Jika sedikit menyinggung peluang kenaikan suku bunga dan data AS kembali positif, rupiah melemah lagi,” ucap Reny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com