Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukopin Akan Luncurkan Agen Perbankan yang Bisa Proses Pengajuan Kredit

Kompas.com - 13/11/2015, 05:48 WIB
MALANG, KOMPAS.com - PT Bank Bukopin Tbk akan meluncurkan layanan perbankan tanpa kantor atau branchless banking untuk mendukung program inklusi finansial.

General Manager Business Development Bukopin Rivan A Purwantono mengatakan, seiring dengan peluncuran branchless banking, perseroan menargetkan ada 400 agen yang terlibat dalam setahun pertama.

Para agen tersebut adalah mereka yang selama ini telah menjalankan bisnis Payment Point Online Bukopin (PPOB). Sejauh ini telah ada sekitar 30.000 PPOB yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Mereka akan kami pilih berdasarkan transaksi yang paling besar. Pada saat peluncuran, akan ada lima agen dan kami akan terus menaikkan jumlahnya menjadi 400 agen dalam tahun pertama," ujarnya Kamis malam (12/11/2015).

Rivan menjelaskan, agen branchless banking Bukopin tak hanya melayani pembukaan rekening dan transaksi perbankan. Lebih dari itu, para agen tersebut akan bisa melayani pengajuan kredit.

Limit kredit yang akan dilayani oleh agen perbankan Bukopin dibatasi maksimal hingga Rp 25 juta. Adapun keputusan final pengucuran kredit kepada calon nasabah akan menjadi wewenang sepenuhnya perseroan.

"Para agen akan melayani untuk proses administrasi dan syarat pengajuan kredit calon nasabah. Selebihnya akan dinilai oleh Bukopin sendiri, apakah calon nasabah tersebut layak memperoleh pinjaman," jelas Rivan.

Program branchless banking Bukopin rencananya akan diluncurkan pada 26 November 2015 di Palu, Sulawesi Tengah.

Program ini merupakan bagian dari program pemerintah untuk meningkatkan akses masyarakat ke lembaga keuangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com