Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNP2TKI Permudah Layanan Calon TKI dan PPTKIS di Jawa Timur

Kompas.com - 23/11/2015, 15:29 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com - Kedekatan dan kemudahan pelayanan proses Penempatan dan Perlindungan TKI ke luar negeri (P2TKLN) semakin dirasakan masyarakat di Jawa Timur (Jatim). Kemudahan itu terutama untuk para calon TKI/TKI dan Perusahaan Pasa Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPTKIS) pusat maupun cabang.

Demikian dituturkan Petugas Operasional Dari PPTKIS BSMS, Istiqomah, Senin (23/11/2015). Sebab, menurut dia, saat ini telah ada Loka Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (LP3TKI) Surabaya di Jalan Raya Jemursari 99 Wonocolo, Kota Surabaya, serta dioperasikannya Pos Pelayanan Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (P4TKI) di Banyuwangi, Malang, Sidoarjo, dan Madiun.

"Perusahaan jasa PPTKIS kami yang beroperasi di Malang merasa makin dekat dan mudah memproses pemberangkatan dengan dibukanya Kantor P4TKI di Malang," kata Istiqoma.

Dia menambahkan, sebelum adanya P4TKI Malang semua proses pelayanan penempatan dan perlindungan calon TKI maupun pelayanan terkait TKI lainnya diharuskan datang ke Surabaya. Pelayanan itu misalnya Pembekalan Akhir Pemberangkatan (PAP), pelayanan penerbitan Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN) dan atau sekarang e-KTKLN, serta pengaduan permasalahan TKI.

"Kalau harus datang ke Surabaya untuk sekadar PAP, mengurus penerbitan KTKLN dan atau sekarang e-KTKLN, serta pengaduan masalah TKI lainnya, jelas tidak efektif. Di samping itu butuh waktu, tenaga, dan juga biaya. Tapi, dengan adanya P4TKI di Malang dan Banyuwangi ini pelayanan calon TKI/TKI dan PPTKIS terasa makin dekat dan mudah," paparnya.

Hal itu juga berlaku bagi masyarakat Jawa Timur di wilayah tengah, antara lain Sidoarjo, Surabaya, Mojokerto, Jombang, Gresik, Lamongan, dan Tuban, hingga Pulau Madura (Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep). Pelayanannya bisa dilakukan di P4TKI Sidoarjo di Jalan Diponegoro 14 Sidoarjo atau LP3TKI Surabaya di Jalan Raya Jemursari 99 Kota Surabaya.

Lalu, bagaimana dengan masyarakat Jatim di wilayah barat, yakni Kabupaten Nganjuk, Kediri, Tulungagung, Trenggalek, Pacitan, Ponorogo, Madiun, Magetan, Ngawi, dan Bojonegoro?

"Kini pelayanannya dapat dilakukan di Kantor P4TKI Madiun di GOR Pangeran Timoer, Jalan Singo Ludro, Mejayan - Caruban, Madiun," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com