Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNI Incar Nasabah TKI di Korea dan Taiwan

Kompas.com - 01/01/2016, 04:02 WIB
Ramanda Jahansyahtono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Keuangan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Rico Rizal Budidarmo mengatakan BNI akan menyasar negara-negara yang menjadi tujuan TKI dengan keterampilan tinggi yang banyak.

Beberapa yang akan difokuskan adalah Korea dan Taiwan. Dengan jumlah WNI yang tinggi,, Rico mengatakan Taiwan dan Korea memiliki potensi yang besar.

Menurut dia, yang lebih penting adalah besarnya jumlah skilled worker yang ada di kedua negara itu.

"Strategi kita akan menggeser target. Kami bangun kantor perwakilan kita di negara yang lebih membutuhkan skilled worker dari Indonesia," ujar dia, Kamis (31/12/2015).

Dengan menyasar skilled worker di luar negeri, kata Rico pendapatan dan keuntungan yang bisa didapat BNI bisa lebih besar.

Sementara itu   General Manager Divisi Internasional BNI Rahmad Hidayat mengatakan ada sekitar sekitar 200.000 WNI yang nenetap di Taiwan. Hal ini membuat potensi bisnis perbankan di Taiwan menjadi besar.

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa Taiwan memiliki potensi persaingan pasar yang kecil. "Belum ada bank asal Indonesia Taiwan," tutur Hidayat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com