Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inflasi di Jateng Rendah karena Terapkan Sistem SiHaTi

Kompas.com - 06/01/2016, 20:57 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Bank Indonesia perwakilan Jawa Tengah menyatakan, penerapan Sistem Informasi Harga dan Produksi Komoditi (SiHaTi) mempermudah upaya pemantauan harga.

Karena itu, selama tahun 2015, angka inflasi di Jawa Tengah (Jateng) bisa terkendali. Deputi Kepala Perwakilan BI Jateng, Ananda Pulungan, di Semarang, mengungkapkan, melalui aplikasi SiHaTi, pemantauan harga kebutuhan pokok menjadi lebih mudah.

Pemanfaatan peralatan teknologi itu juga memberi andil dalam menjaga komoditas pangan strategis.

"Selama tahun 2015, inflasi Jawa Tengah sangat terkendali, salah satunya berkat SiHaTi," kata Pulungan, Rabu (6/1/2015).

Bank Indonesia (BI) mencatat, inflasi sepanjang tahun 2015 sebesar 2,73 persen dari setahun sebelumnya (year on year atauYOY). Angka itu lebih rendah ketimbang inflasi nasional sebesar 3,35 persen (YOY). Angka inflasi di Jateng juga jauh berbeda ketimbang tahun sebelumnya.

Dari catatan BI, inflasi pada 2014 sebesar 8,22 persen (YOY), serta inflasi dalam kurun waktu selama tujuh tahun terakhir rata-rata sebesar 6,44 persen (YOY).

Pulungan melanjutkan, rendahnya tingkat inflasi dilatarbelakangi banyak hal. BI meyakini, langkah pemerintah daerah yang mencukupi pasokan dan harga pangan menjadi kunci utama.

"Harga bahan bakar minyak dan elpiji yang tidak naik secara signifikan mendorong rendahnya inflasi. Itu salah satu faktornya," kata Pulungan.

Kendati angka inflasi rendah pada tahun 2015, BI Jateng menargetkan angka inflasi pada tahun 2016 akan naik ke kisaran 4,1 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com