Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foxconn Tawarkan 5,1 Miliar Dollar AS untuk Akuisisi Sharp

Kompas.com - 21/01/2016, 17:26 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Bloomberg
 

TOKYO, KOMPAS.com - Foxconn Technology Group menawarkan dana 600 miliar yen atau 5,1 miliar dollar AS untuk mengakuisisi raksasa elektronik Jepang Sharp Corp. Kalau akuisisi ini terjadi, aksi korporasi ini akan menjadi yang terbesar bagi pembuat iPhone milik Apple Inc tersebut tulis warta laman Bloomberg hari ini.

Keputusan untuk menerima atau menolak pinangan Foxconn itu harus diumumkan pada akhir bulan ini. Meski demikian, juru bicara Foxconn Hon Hai Precision Industry Co Chu Wen-min menolak untuk berkomentar.

Foxconn pernah menawarkan investasi di Sharp pada tahun 2012 silam, namun kesepakatan gagal dicapai lantaran kegagalan persetujuan terkait kontrol manajemen. Pembicaraan ini pun kembali bergulir tahun lalu setelah Sharp meminta Innovation Network Corp of Japan untuk membiayai pembayaran utang.

Foxconn  memang tengah tertarik untuk berekspansi bisnis, seperti di bidang perakitan produk dan logistik dengan menambahkan beragam komponen dalam setiap penawaran. Adapun Sharp dapat memproleh manfaat bisnis dari konsumen Foxconn, seperti Apple, Amazon.com Inc, dan Xiaomi Corp. "Kebutuhan untuk memiliki produk dasar yang dapat dibuat Sharp dapat membangun posisi di pasar. Di luar spekulasi jangka pendek, kebanyakan investor akan menjauh dari saham Sharp sampai detail final telah diumumkan," jelas Mitsushige Akino, chief fund manager di Ichiyoshi Investment Management Co.

Per September 2015, Sharp terlilit utang setidaknya 791,8 miliar yen. Perusahaan yang berpusat di Osaka ini membukukan kerugian 1,1 triliun yen karena persaingan dengan negara kompetitor seperti Korea Selatan dan China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com