Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspor Hasil Perikanan Banyuwangi Tembus 130 juta Dollar AS

Kompas.com - 03/03/2016, 11:32 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI,KOMPAS.com - Pada tahun 2015, nilai ekspor hasil perikanan Kabupaten Banyuwangi tembus angka 130 juta dollar AS.

Kepala Dinas Kelautan Banyuwangi, Pudjo Hartanto menuturkan angka tersebut menurun 18 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut dia, penurunan terjadi karena kegiatan ekspor beberapa pengusaha tidak tercatat di Pemerintah Banyuwangi karena perubahan proses ekspor.

"Tahun 2014 mencapai 159 dollar AS. Kenapa turun? Karena ada perubahan proses ekspor yang dilakukan beberapa pengusaha yaitu langsung di Balai Karantina Surabaya jadi tidak terdata di Banyuwangi. Jadi tidak ada penuruan jumlah ekspor," jelas Pudjo.

Sebagian besar hasil perikanan dari Banyuwangi yang diekspor adalah udang, dengan porsi mencapai 30 persen dari seluruh hasil nelayan budidaya yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Banyuwangi.

"Kualitas udang di Banyuwangi sangat bagus termasuk juga harga jualnya yang cukup tinggi mencapai Rp 100.000 rupiah per kilogram," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com