Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Promosikan Produk UKM di Mancanegara

Kompas.com - 05/03/2016, 15:25 WIB

KOMPAS.com - Ada berbagai cara mempromosikan produk usaha, kecil, dan menengah (UKM) di mancanegara. Salah satunya, kata Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah (AAGN) Puspayoga dalam rilis yang diterima Kompas.com kemarin, adalah memajang produk UKM di pusat keramaian, mal, maupun lokasi-lokasi makan. Nah, salah satu pihak yang bisa menjadi pelopor adalah para calon diplomat Indonesia yang kini tengah belajar di Sekolah Dinas Luar Negeri Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Sekdilu Kemenlu).

Di hadapan para calon diplomat yang bertandang ke Gedung SMESCO Jakarta, Puspayoga mengatakan,"Anda-anda sekalian kedudukannya sangat strategis dalam ikut memasarkan brand Indonesia, khususnya produk UKM ke mancanegara."

Menurut Puspayoga, setiap negara memiliki selera berbeda-beda terhadap produk-produk UKM Indonesia. Ia menerangkan warga Jepang cenderung suka dengan makanan olahan. Sementara, masyarakat AS suka produk furnitur dan mebel asal Indonesia. "Makanya, perlu dipelajari pangsa pasar masing-masing negara," pungkas Puspayoga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com