Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samuel Sekuritas: IHSG Hari Ini Bergerak Menguat

Kompas.com - 14/03/2016, 09:02 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini (14/3/2016) diestiamsi masih melanjutkan penguatan yang terjadi pada penutupan perdagangan Jumat (11/3/2016) pekan lalu.

"Hari ini kami memperkirakan IHSG akan bergerak menguat," tulis Samuel Sekuritas melalui akun Twitter-nya.

Samuel Sekuritas menekankan investor untuk mencermati saham-saham emiten penerbangan dan otomotif. selain itu, juga mencermati saham KIJA, WIKA dan KAEF.


Menurut analisis perusahaan ini, penguatan IHSG didorong penguatan bursa global. Pada Jumat lalu, indeks saham AS ditutup menguat seiring naiknya harga minyak dunia.

Sepanjang pekan kemarin harga minyak menguat 7,6 persen dan ditutup di harga 38,5 dollar AS per barel.

Pada penutupan perdagangan Jumat pekan lalu, market review Samuel Sekuritas mencatat IHSG ditutup menguat 0,4 persen ke level 4.813,8. Harga minyak serta bursa Asia menguat.

Indeks Nikkei 225 naik 0,5 persen, indeks Hang Seng dan Shanghai Composite masing-masing menguat 1,1 persen dan 0,2 persen.

Harga minyak WTI naik 1,9 persen  persen ke level 38,6 dollar AS per barel. Bursa Eropa menguat signifikan lebih dari 1 persen.

Di Jumat, sektor aneka industri naik 1,4 persen dan menjadi top perfomers. Saham ASII naik 1,8 persen, Saham GJTL naik 5,7persen, dan saham AUTO naik 0,8 persen.

Sementara sektor pertambangan yang turun 0,4 persen menjadi penekan utama indeks di Jumat, terutama akibat jatuhnya harga saham ADRO sebesar 5,8 persen.

Investor asing tercatat melakukan netsell Rp 11.8 miliar di pasar reguler. Penjualan terbesar yakni BBRI (Rp 135,2 miliar), PGAS (Rp 79,6 miliar) dan HMSP (Rp 73,3 miliar).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com