Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investa: Melirik Saham Surya Citra Media

Kompas.com - 16/03/2016, 08:27 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Analisis teknikal PT Investa Saran Mandiri pekan ini mengulas saham PT Surya Citra Media Tbk (SCMA), emiten media, yang membawahi stasiun televisi SCTV dan Indosiar. 

Menurut Investa, SCMA adalah saham media yang menarik untuk dibeli. Karena SCMA menjadi saham di sektor media yang ROE-nya paling tinggi di area atas 35.

Net profit marginnya juga menjadi paling besar di sektor media sebesar 30%-an.

Dari analisis teknikal, Investa melihat adanya peluang profit pada harga saham SCMA saat ini sebesar 31%.

"Dengan melihat banyak hal yang dijelaskan di dalam riset ini maka kami melihat harga wajar SCMA akan berada di level 4.300. Sehingga kami menyarankan buy untuk SCMA," kata Kiswoyo Adi Joe, Managing Partner Investa serta salah satu analis, kepada Kompas.com.

Valuasi SCMA dari Investa Saran Mandiri.
Investa melihat SCMA sebagai saham media memiliki porsi pendapatan dan net profit yang seimbang dari kuartal ke kuartal.

Pendapatan dan net profit SCMA tidak membesar di kuartal tertentu saja. Terlihat di kuartal 3 tahun 2015 pendapatan dan net profitnya sudah mencapai level 75% dari target Investa.

Selain itu, Terlihat sejak 5 tahun terakhir kenaikan IHSG hanya sebesar 36%. Sedangkan kenaikan harga saham SCMA sebesar 265%. '

Terlihat jika kenaikan harga saham SCMA selalu lebih tinggi daripada kenaikan IHSG, sehingga saham SCMA menarik untuk dibeli dan dipegang dalam wakktu lama.

"Di masa IHSG sedang menuju kembali ke trend naiknya kami merekomendasikan beli untuk saham SCMA," lanjut dia.

Valuasi SCMA vs IHSG.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com