Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BRI, Bank Mandiri, dan BNI Biayai Proyek Tol Solo-Ngawi- Kertosono

Kompas.com - 14/04/2016, 13:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Kompas TV Kalimantan Segera Miliki Jalan Tol

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk membiayai kredit sindikasi  kepada dua perusahaan patungan PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Waskita Toll Road.

Proyek yang dibiayai adalah pembangunan jalan tol Solo-Ngawi dan Ngawi-Kertosono.

Tiga bank BUMN ini bertindak sebagai Joint Mandated Lead Arranger and Book Runner (JMLAB) dan Agen dalam penyaluran kredit sindikasi tersebut dengan total nilai sebesar Rp 7,7 Triliun.

Kredit sindikasi ini disalurkan JMLAB bersama SMI, Indonesia Eximbank, Bank Jatim, Bank Jateng, dan Bank DIY.

Pembiayaan sindikasi ini akan dibagi atas dua, yaitu pembiayaan sindikasi untuk Proyek Tol Solo-Mantingan- Ngawi senilai Rp 4,37 triliun dengan PT Solo Ngawi Jaya sebagai pelaksananya.

Kedua, pembiayaan untuk Tol Ngawi-Kertosono senilai Rp 3,37 triliun dengan PT Ngawi Kertosono Jaya sebagai pelaksananya.

Mandiri, BNI, dan Bank BRI masing-masing memberikan porsi kredit sebesar 24,87 persen. Sehingga, maksimal kredit pada Proyek Tol Solo-Mantingan-Ngawi adalah masing-masing Rp 1,08 triliun.

Adapun untuk Proyel Tol Ngawi-Kertosono, ketiga bank BUMN tersebut akan menyiapkan porsi kredit maksimal masing-masing sebesar Rp 838 miliar.

Penandatanganan perjanjian fasilitas kredit sindikasi ini berjangka waktu 15 tahun.

"Kami bangga dapat menjadi Joint Mandated Lead Arranger and Book Runner (JMLAB) dan Agen dalam penyaluran kredit sindikasi dalam hal pembiayaan pembangunan Tol Solo-Ngawi-Kertosono," kata Corporate Secretary BRI Hari Siaga Amijarso dalam siaran pers, Kamis (14/4/2016).

Jalan Tol Ruas Solo-Ngawi sepanjang 90.10 Km dan Ngawi-Kertosono 87,02 km merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans Jawa. Direncanakan ruas tol tersebut akan rampung dan beroperasi di 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com