Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Prediksi Kinerja Neraca Perdagangan Terus Meningkat

Kompas.com - 16/05/2016, 17:24 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Neraca perdagangan Indonesia mengalami peningkatan surplus, ditopang perbaikan ekspor komoditas nonmigas.

Dengan demikian, surplus neraca perdagangan April 2016 mencapai 670 juta dollar AS, dibandingkan 510 juta dollar AS pada Maret 2016.

Peningkatan surplus neraca perdagangan tersebut didorong kenaikan surplus neraca perdagangan nonmigas yang melampaui peningkatan defisit neraca perdagangan migas.

"Ke depan, kinerja neraca perdagangan diperkirakan tetap positif dalam mendukung transaksi berjalan berada pada level yang berkesinambungan," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Tirta Segara Senin (16/5/2016).

Tirta menyatakan, bank sentral akan terus mencermati perkembangan ekonomi global dan domestik yang dapat memengaruhi kinerja neraca perdagangan.

BI pun mengupayakan agar kegiatan ekonomi domestik terus berjalan dengan baik.

Surplus neraca perdagangan nonmigas terus berlanjut pada April 2016 dan tercatat sebesar 1,14 miliar dollar AS, meningkat dibandingkan dengan surplus pada Maret 2016 sebesar 0,82 miliar dollar AS.

Ekspor beberapa komoditas andalan nonmigas meningkat antara lain lemak dan minyak hewan/nabati, kendaraan dan bagiannya, mesin-mesin/pesawat mekanik, dan alas kaki. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com