Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boeing Menangi Kontrak Miliaran Dollar AS dari Kemhan Inggris

Kompas.com - 30/05/2016, 16:33 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

LONDON, KOMPAS.com – Raksasa penerbangan Boeing Co dikabarkan memenangkan kontrak senilai 2,92 miliar dollar AS dari Kementerian Pertahanan Inggris.

Kontrak ini terkait dengan pembelian beberapa unit helicopter Apache terbaru. Kemhan Inggris telah memutuskan untuk memberikan kontrak penyediaan 50 unit helikopter Apache.

Kontrak ini termasuk perawatan dan perbaikan helikopter tersebut. Adapun produsen pesawat asal Italia Leonardo Finmeccanica SpA menjadi pesaing Boeing dalam tender kontrak tersebut.

Mengutip Channel News Asia, Senin (30/5/2016), Boeing menawarkan helikopter Apache dengan harga yang lebih murah.

Sementara itu, pemerintah Inggris telah berkomitmen untuk menganggarkan 2 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) untuk belanja pertahanan Aliansi Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dalam 5 tahun ke depan.

Namun demikian, Kemhan Inggris berada dalam tekanan untuk memiliki opsi yang paling efektif dalam hal biaya. Pasalnya, anggaran belanja tersebut juga dialokasikan untuk beberapa proyek besar.

Baik pihak Kemhan Inggris maupun Boeing belum memberikan komentar terkait kontrak tersebut. Kabarnya, pengumuman kontrak ini secara resmi akan dilakukan pada bulan Juli 2016 mendatang.

Kompas TV 2 Menteri Uji Coba Pesawat Pengintai Boeing
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com