Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IKAPPI Nilai Impor Sapi oleh Swasta Merupakan Kemunduran

Kompas.com - 11/06/2016, 13:55 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) menilai rencana pemerintah yang memberikan kuasa kepada swasta untuk mengimpor sapi adalah sebuah kemunduran bagi industri pangan.

Ketua Umum IKAPPI Abdullah Mansyuri menjelaskan jika keran impor dibalikkan lagi ke swasta maka pemerintah akan sulit mengontrol distribusi dan harga daging sapi, sehingga bisa menimbulkan kenaikan harga.

"Jika dikembalikan ke swasta dapat berpotensi ketergantungan impor tetap akan berjalan dan tidak dapat dihentikan sampai kapanpun," kata Abdullah, ketika diwawancarai Kompas.com di Jakarta, Sabtu (11/6/2016).

Menurut Abdullah, jika keran impor tetap dilakukan oleh swasta maka risikonya pemerintah akan terus diintervensi.

Dalam artian harga bisa dikendalikan oleh pihak swasta yang bisa merugikan masyarakat.

"Selain itu, pemerintah juga tidak bisa kuasai pasar sehingga pemerintah tidak bisa mengontrol kegiatan pasar," ucap Abdullah.

"Jika melibatkan BUMN keuntungannya pemerintah bisa kontrol. Tetapi BUMN juga tidak boleh melibatkan swasta dalam pengadaan dan distribusi. Ini akan (rantai pasok) semakin panjang," tutur Abdullah.

Abdullah berharap pemerintah bisa berkomunikasi dan berdiskusi secara langsung dengan semua pihak termasuk pedagang agar permasalahan daging sapi bisa cepat diselesaikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com