Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Ditutup Menguat di Tengah Rapat Paripurna Pembahasan Anggaran

Kompas.com - 28/06/2016, 16:41 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat signifikan 0,95 persen atau 46,11 poin ke level 4.882,17 pada penutupan perdagangan Selasa (28/6/2016).

IHSG sempat menyentuh level tertinggi 4.890,60 sesaat sebelum penutupan bursa, yang setara dengan kenaikan 1,12 persen.

Sepertinya, kekhawatiran akan dampak Brexit memudar dan investor lebih fokus pada hasil rapat anggaran yang diselenggarakan Kementerian Koordinator Perekonomian. Rapat tersebut juga membahas masa depan RUU Tax Amnesty, yang bila 'goal' akan jadi tambahan pendapatan negara.

Kenaikan IHSG juga ditopang oleh kenaikan sejumlah sektor seperti aneka industri (3,72 persen), manufaktur (1,9 persen), keuangan (1,97 persen) serta konsumer (1,73 persen).

Saham keuangan meningkat, sebab bank akan jadi lembaga penyalur dana repatriasi jika Tax Amnesty atau pengampunan pajak dijalankan.

Berdasarkan data RTI, volume perdagangan pada Selasa ini sebesar 7,78 miliar saham yang berpindah tangan dengan nilai transaksi Rp 8,32 triliun.

Sebanyak 158 saham ditutup menguat, sementara 138 saham ditutup menurun  dan 91 saham ditutup tidak berubah. Net foreign buy di semua papan perdagangan tercatat Rp 670,6 miliar.

Kompas TV Apa Itu IHSG?


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com