Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semester I-2016, Laba Bank Mandiri Rp 7,1 Triliun

Kompas.com - 26/07/2016, 20:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Bank Mandiri (Persero) Tbk melaporkan kinerja keuangan periode semester I-2016. Laba bersih perseroan tercatat sebesar Rp 7,1 triliun, turun 28,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 9,9 triliun.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas menuturkan, turunnya laba operasional tersebut terutama disebabkan meningkatnya biaya pencadangan (provision) dari Rp 4 triliun pada kuartal II-2015 menjadi Rp 9,9 triliun pada kuartal II-2016, sebagai langkah antisipasi risiko peningkatan kredit bermasalah.

"Namun, apabila tidak memperhitungkan biaya pencadangan, maka Pre-Provision Operating Profit (PPOP) mencapai Rp 19,3 triliun atau secara tahunan tumbuh 13,3 persen," kata Rohan dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (26/7/2016).

Pada semester I-2016, Bank Mandiri telah menurunkan beban bunga sebesar 9,3 persen secara tahunan. Hal ini seiring meningkatnya komposisi dana murah perseroan.

Penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) naik menjadi Rp 691,4 triliun pada akhir Juni 2016 dari Rp 654,9 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Dari capaian tersebut, total dana murah (giro dan tabungan) yang berhasil dikumpulkan Bank Mandiri mencapai Rp 439,4 triliun, terutama didorong peningkatan tabungan sebesar Rp 37,1 triliun menjadi Rp 273,6 triliun.

“Kami tetap bersyukur atas pencapaian ini di tengah tantangan perlambatan kondisi ekonomi domestik dan internasional serta inisiatif perseroan yang mulai melakukan penurunan suku bunga menuju single digit secara bertahap," jelas Rohan.

Kompas TV Porsi Pembiayaan Infrastruktur Bank Mandiri 15%
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com