Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jeda Siang, Sektor Perkebunan Dorong IHSG Ditutup Naik 0,42 Persen

Kompas.com - 04/08/2016, 12:17 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hingga jeda siang perdagangan saham Kamis (4/8/2016) ditutup menguat 22,91 poin atau naik 0,42 persen ke level 5.374,79.

Sebanyak sembilan dari 10 indeks sektoral pendukung bursa ditutup dengan penguatan, yang membuat indeks kokoh di jalur hijau. Sektor perkebunan jadi lokomotif penguatan indeks dengan kenaikan 1,77 persen.

Sementara sektor yang ditutup negatif di jeda siang ini yakni sektor aneka industri. Saham Astra International Tbk (ASII) terseret turun 1,26 persen di sesi I perdagangan saham.

Top gainer di sesi I perdagangan saham ini antara lain saham Ultra Jaya Milk Tbk (ULTJ), United Tractors (UNTR), Nippon Indosari Corporindo Tbk (ROTI), dan Adaro Energy Tbk (ADRO).

Dari data RTI, volume perdagangan di sesi I mencapai 4,41 miliar saham dengan nilai perdagangan Rp 5,07 triliun. Aksi beli investoir asing masih terus terjadi, dan bisa mendorong indeks tetap di zona hijau hingga akhir sesi.

Net foreign buy di semua papan perdagangan Rp 581,9 miliar, sementara di pasar reguler Rp 77,3 miliar.

Sebanyak 193 saham ditutup menguat sementara 94 saham ditutup turun dan 89 saham ditutup tetap. Perdagangan saham hingga akhir tahun masih positif, dengan bergulirnya analisis sejumlah manajer investsi yang memperkirakan IHSG akan mencapai level 5.600.

Kompas TV Pengampunan Pajak Rampung Bikin IHSG Menguat
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com