Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajarkan "Entrepeneur", Pesantren Ini Ajak Santrinya Bisnis Kopi

Kompas.com - 16/08/2016, 14:02 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pesantren Mukmin Mandiri asal Jawa Timur mengajak para santrinya untuk terjun dalam bisnis kopi.

Pimpinan Pesantren Mukmin Mandiri, Muhammad Zakki, menuturkan, para santri tidak hanya belajar soal agama, tetapi juga berwiraswasta.

"Harapannya bisa menjadi pengusaha yang hafal Al Quran," tutur Zakki kepada Kompas.com.

Dengan pola tersebut, Zakki berharap Pesantren Mukmin Mandiri menjadi pilihan pertama orangtua untuk menyekolahkan anaknya.

Zakki menjelaskan, dalam proses seleksi masuk pesantren, pihaknya menetapkan sejumlah syarat yang berkaitan dengan agama dan kewiraswastaan.

"Untuk menjadi santri di Pesantren Mukmin Mandiri ini harus melalui proses ujian. Ujiannya adalah membaca Al Quran dan wawancara entrepreneurship (wiraswasta)," tutur Zakki.

"Jika sudah memenuhi kualifikasi, para calon santri masuk etape condrodimuko (penggemblengan) di pesantren. Condrodimuko-nya dalam bentuk pelatihan entrepreneurship (teori) dan praktik wiraswasta (produksi, marketing kopi, dan manajemen) dengan volume kurikulum 25 persen teori dan 75 persen praktik," ungkapnya.

Terkait soal dipilihnya kopi sebagai komoditas yang diproduksi, Zakki mengatakan, hal itu berawal dari kecintaannya terhadap kopi yang kemudian mendapatkan respons yang positif dari para santri.

"Kita harus buktikan santri juga bisa bikin kopi," ujar Zakki.

Biasanya, kata Zakki, lulusan pesantren hanya jadi guru mengaji, penceramah, atau modin. "Nah, di sini kami coba latih mereka untuk jadi wiraswasta," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com