Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Target Produksi Padi Ditingkatkan Jadi 77 Juta Ton

Kompas.com - 17/08/2016, 05:15 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah menargetkan produksi padi pada 2017 mencapai 77 juta ton. Guna mencapai target tersebut, pemerintah akan melakukan sejumlah upaya salah satunya pencetakan sawah baru dan perluasan areal pangan lainnya. S

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Naisonal (Bappenas) Bambang PS Brodjonegoro menuturkan, target tersebut meningkat dibandingkan target 2016 yang sekitar 72 juta ton.

“Pada 2017, sektor pertanian diharapkan tumbuh sebesar 3,9 persen dengan target produksi padi sebesar 77 juta ton,” kata Bambang di Jakarta, Selasa (16/8/2016).

Guna mencapai target tersebut, pemerintah akan melakukan sejumlah upaya salah satunya pencetakan sawah baru dan perluasan areal pangan lainnya.

Selain itu, sambung Bambang, pemerintah juga akan merehabilitasi dan memperluas jaringan irigasi, rehabilitasi daerah aliran sungai hulu, serta membangun waduk dan embung.

Bambang lebih lanjut mengatakan, pemerintah juga akan melakukan pengendalian konversi lahan, dan melakukan sertifikasi lahan.

Pemutakhiran teknologi juga diperlukan untuk peningkatan produktivitas pertanian.

“Pemerintah juga melakukan reformasi subsidi pupuk dan benih, serta masih memberikan bantuan alat dan mesin pertanian,” ucap Bambang.

Terakhir, pemerintah juga akan melakukan optimalisasi lahan dan pemulihan kesuburan tanah, memperbaiki statistik pertanian-perikanan, serta meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan pertanian/perikanan.

Bambang bilang, pertumbuhan sektor pertanian ini akan didukung oleh kebijakan yang diarahkan untuk meningkatkan produksi dalam negeri menuju kedaulatan pangan.

Kompas TV Ribuan Hektar Padi Mati Diserang Hama

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com