Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI 7-day Reverse Repo Rate Tetap 5,25 Persen

Kompas.com - 19/08/2016, 20:04 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) memutuskan BI 7-day Reverse Repo Rate sebesar 5,25 persen.

Suku bunga acuan BI telah berganti dari BI Rate menjadi BI 7-day Reverse Repo Rate.

Suku bunga deposit facility (DF) dipertahankan pada posisi 4,50 persen. Adapun suku bunga lending facility (LF) diturunkan sebesar 100 basis poin dari 7 persen menjadi 6 persen.

"Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia pada 18 dan 19 Agustus 2016 memutuskan untuk mempertahankan BI Day Reverse Repo Rate sebesar 5,25 persen," kata Gubernur BI Agus DW Martowardojo dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (19/8/2016).

Agus menjelaskan, sebagaimana telah diumumkan pada 15 April 2016 lalu, untuk meningkatkan efektivitas transmisi kebijakan moneter, maka mulai hari ini BI memberlakukan BI 7-day Reverse Repo Rate sebagai suku bunga kebijakan, menggantikan BI Rate.

"BI akan menjaga koridor suku bunga secara simetris dan lebih sempit. Batas bawah adalah deposit facility rate dan batas atas koridor lending facility rate, masing-masing 75 basis poin di bawah dan di atas BI 7-day Reverse Repo Rate," ujar Agus.

Agus menjelaskan, keputusan tersebut sejalan dengan upaya menjaga stabilitas makroekonomi dengan tetap memelihara momentum pertumbuhan ekonomi domestik di tengah pelambatan ekonomi global.

Agus pun menyatakan, BI memandang, ruang pelonggaran moneter masih terbuka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com