Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Pekan, IHSG Dibuka Tertekan

Kompas.com - 02/09/2016, 09:16 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka turun di level 5.323,57 pada pembukaan perdagangan Jumat (2/8/2016). Sementara pada pukul 09.04 WIB, IHSG berada di posisi 5.334,37 atau turun 0,17 persen.

IHSG sendiri diperkirakan bergerak bervariasi cenderung menguat pada akhir pekan ini akibat sentimen internal deflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 0,2 persen di Agustus.

Namun, turunnya harga minyak mentah dunia akibat Rusia yang enggan menahan produksi membuat bursa global melemah pagi ini. Hal ini juga bisa menjadi sentimen pemberat bursa sepanjang sesi perdagangan hari ini.

Dari data RTI, pada pembukaan bursa pagi ini sebanyak 78 saham dibuka naik, 46 saham dibuka turun dan 73 saham dibuka tetap. Aksi lepas portofolio investor asing di semua papan perdagangan mencapai Rp 11,7 miliar.

Sebanyak enam indeks sektoral pendukung bursa dibuka naik, sementara empat sektor lain, yakni pertambangan, infrastruktur, keuangan, dan properti dibuka turun.

Sebelumnya pada perdagangan Kamis (1/8/2016) IHSG ditutup turun 52 poin atau 0,96 persen ke level 5.334,55 dengan nilai transaksi di pasar reguler sebesar Rp 4,3 triliun.

Pelemahan IHSG di Kamis terjadi karena seluruh sektor mengalami penurunan. Penurunan tersebut dipimpin sektor infrastruktur dan properti.  

Kompas TV Usai Lebaran, Saham Apa yang Oke?
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com