Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkat Super Mario, Saham Nintendo Melesat

Kompas.com - 08/09/2016, 13:48 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com - Saham perusahaan teknologi Nintendo menguat hingga 18 persen di bursa saham Tokyo, Jepang.

Melonjaknya harga saham tersebut terjadi setelah Nintendo mengumumkan bahwa permainan legendaris Super Mario versi terbaru akan hadir di perangkat ponsel iPhone versi teranyar.

Super Mario Run akan dirilis di Apple App Store pada bulan Desember 2016 mendatang. Permainan ini dapat diunduh secara gratis, akan tetapi pengguna harus membayar untuk menikmati permainan ini secara penuh.

Permainan smartphone adalah sumber pendapatan yang tumbuh paling cepat bagi industri permainan. Selama ini, Nintendo kerap kali memperoleh kritik lantaran dinilai lamban dalam menangkap peluang tersebut.

Mengutip BBC, Kamis (8/9/2016), pencipta Super Mario Shigeru Miyamoto menyatakan versi Android Super Mario Run juga bakal diluncurkan kemudian. Selain itu, Nintendo juga berencana mengangkat Super Mario ke layar film.

Dalam sebuah acara peluncuran Apple, Miyamoto menyebut bahwa Mario kini tengah berlari menuju tujuan selanjutnya, yakni iPhone. Pernyataan ini pun langsung memperoleh sambutan meriah dari para hadirin.

Apple pun kini tengah menikmati lonjakan popularitas permainan online. Permainan fenomenal Pokemon Go akan segera hadir pada perangkat Apple Watch untuk pertama kalinya, di mana perangkat ini akan bergetar ketika pengguna berada di dekat Pokemon atau Pokestop.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com