Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Tertekan Aksi Jual, Melorot 76,37 Poin di Jeda Siang

Kompas.com - 14/09/2016, 12:32 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tertekan aksi jual sejak pembukaan bursa hingga jeda siang di Rabu (14/9/2016). IHSG tertekan turun 76,37 poin atau turun 1,46 persen ke level 5.139,18.

Dengan demikian, IHSG selama seminggu tertekan 4,07 persen dan untuk kurun sebulan tertekan 4,43 persen. IHSG masih mencetak gain untuk kurun tiga bulan sebesar 5,88 persen.

Dari data RTI tercatat sebanyak 257 saham ditutup turun pada jeda siang ini dan hanya 45 saham ditutup naik. Sementara 51 saham ditutup tetap.

Aksi jual portofolio investor asing di semua papan perdagangan tercatat mencapai Rp 543,6 miliar.

Semua indeks sektoral pendukung bursa tertekan pada jeda siang ini. Pelemahan terbesar dialami sektor pertambangan yang turun 2,68 persen. Disusul sektor properti yang turun 2,07 persen.

Dari 10 indeks sektoral pendukung bursa, hanya sektor infrastruktur saja yang ditutup turun di bawah 1,0 persen pada jeda siang hari ini.

Sejumlah saham yang mendorong turun bursa dengan pelemahan terbesar yakni PTPP, BJBR, BBTN, WIKA, BSDE, CTRA, ADRO, INCO, JPFA dan ICBP.

Pelemahan IHSG sejalan dengan pelemahan bursa global hari ini. Di bursa Amerika Serikat (AS) di Wall Street, indeks Dow Jones turun 1,41 persen. Indeks S&P 500 turun 1,48 persen. Sementara indeks Nasdaq ditutup tetap.

Bursa AS ditutup turun menunggu aksi bank sentral AS untuk menaikkan atau tidak menaikkan suku bunga acuan pada bulan ini. Data pendapatan rumah tangga AS yang membaik di 2015 yang baru saja dirilis, bisa jadi pemicu kenaikan suku bunga acuan AS, Fed Fund Rate.

Kompas TV IHSG Sentuh 5.000, Dirut BEI Jalan Kaki

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com