Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kebijakan Pemerintah untuk Kembangkan Industri Kecil Menengah

Kompas.com - 14/09/2016, 16:14 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, Industri Kecil dan Menengah (IKM) memiliki peran yang strategis dalam perekonomian nasional.

"Hal itu terlihat dari kontribusi yang cukup siginifikan dalam menyediakan lapangan kerja dan lapangan usaha," ujar Airlangga di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Rabu (14/9/2016).

Menurutnya, IKM juga merupakan suatu unit usaha yang banyak dikelola oleh masyarakat dan tersebar hampir di berbagai pelosok tanah air.

Airlangga menambahkan, pemerintah menyiapkan sejumlah kebijakan strategis dalam mendukung pertumbuhan sektor IKM.

Pertama, industri kecil hanya dapat dimiliki oleh warga negara Indonesia karena IKM memiliki keunikan dan merupakan warisan budaya bangsa.

Kedua, dalam rangka penguatan struktur industri nasional, peran IKM terus ditingkatkan secara sigfnifikan dalam rantai suplai industri prioritas, sehingga terjalin kemitraan yang strategis antara industri kecil, menengah dan besar.

Ketiga, pemerintah pusat dan pemerintah daerah melakukan perumusan kebijakan, penguatan kapasitas kelembagaan dan pemberian fasilitas yang diperlukan bagi IKM.

"Hal yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana IKM dapat ditumbuhkan secara cepat dalam rangka mengisi persebaran industri di berbagai wilayah," tutur Airlangga.

Sementara itu, Menperin menargetkan dalam lima tahun ke depan akan ada 20.000 IKM baru, dan 4.500 wirausaha menengah baru, serta sebaran sektor IKM Jawa sebesar 60,34 persen dan luar Jawa menjadi 39,66 persen.

"Hal tersebut bukanlah pekerjaan mudah. Diperlukan kerja keras dan upaya yang sungguh-sungguh dalam rangka mencapai sasaran tersebut," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com