Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Temui Menperin, Bupati Siak Lapor Perkembangan Kawasan Industri Tanjung Buton

Kompas.com - 16/09/2016, 07:46 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bupati Siak Syamsuar bertemu dengan Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto dalam rangka membahas perkembangan pembangunan Kawasan Industri Tanjung Buton (KITB) Riau.

Syamsuar mengatakan, perkembangan saat ini, pembangunan KITB masih dalam tahap awal. Dimulai dari proses perizinan lahan, menambah fungsi dermaga pelabuhan sebagai pintu masuk akses perdagangan, hingga membuka akses jalan dari dan menuju KITB.

Sebelumnya, Syamsuar ingin pelabuhan Tanjung Buton dilengkapi dengan kawasan industri. Rencana tersebut disetujui oleh pemerintah pusat.

Syamsuar, berharap proses pembangunan KITB agar cepat selesai, untuk mendorong perekonomian di kawasan tersebut.

Menanggapi laporan sang bupati, Menperin mengatakan bahwa dengan perkembangan pembangunan yang sudah berjalan memerlukan dukungan peran pemerintah dalam hal pembuatan infrastuktur menuju KITB.

"Jadi yang bagus lahannya sudah tersedia 5.100 hektar, kemudian dermaganya sudah ada jadi tentu pemerintah tinggal dukung infrastruktur menuju kawasan," ujar Airlangga, di Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan, Kamis (15/9/2016).

Menperin menjelaskan, dengan berjalannya proses pembangunan KITB, pemerintah daerah melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) juga telah bekerja sama dengan PT Bosowa Corporindo sebagai pengelola kawasan industri tersebut.

Politisi asal Partai Golkar ini menambahkan, beberapa perusahaan masih menunggu pembangunan infrastruktur KITB. Akses jalan di daerah setempat telah tersedia akan tetapi perlu ditingkatkan.

Kompas TV Airlangga Hartarto Ikut Maju Caketum Golkar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com