Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong "Startup" Lokal Berkembang, Bekraf Gelar BEKUP 2.0 di Tangerang Selatan

Kompas.com - 18/10/2016, 06:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan EKonomi Kreatif (Bekraf) menggelar BEKUP 2.0 yang didukung oleh MIKTI (Masyarakat Industri Kreatif TIK/Digital Indonesia) dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom).

Kegiatan BEKUP 2.0 dilaksanakan untuk membekali calon pendiri startup dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan, sehingga pada akhirnya dapat meminimalisasi risiko kegagalan.

Digelar di Graha Telkom BSD Tangerang Selatan, kegiatan ini berlangsung selama 6 hari, terhitung sejak 16 Oktober 2016. Adapun jumlah pendaftar mencapai 1.700 peserta, termasuk 389 orang dari Tangerang. Dari jumlah itu, 120 orang diantaranya dinyatakan lolos kualifikasi untuk mengikuti program BEKUP 2.0.

“Tangerang Selatan berkomitmen menjadi smart city. Untuk itu diperlukan sangat banyak startup dari Kota ini. Kami mendukung program-program seperti BEKUP ini sebagai upaya menuju target tadi,” ujar Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany dalam keterangan resminya, Senin (17/10/2016).

Setelah sukses mengadakan BEKUP yang pertama di bulan Juni di 14 kota, BEKUP 2.0 kembali memfasilitasi para startup di lima kota di Indonesia yaitu, Medan, Tangerang, Bandung, Malang dan Makassar.

Untuk mencapai tujuan tersebut BEKUP dilaksanakan dalam 4 fase kegiatan yang berkelanjutan.

Fase pertama adalah Workshop yang berfungsi untuk menyampaikan materi pengetahuan dasar. Fase berikutnya adalah Talent Development yang bertujuan memastikan setiap calon pendiri startup menguasai keterampilan dan keahlian dasar yang diperlukan sesuai peran yang akan dijalaninya di startup yang didirikan, baik sebagai Co-Founder Bisnis, teknis maupun kreatif/desain.

Berikutnya pada fase Founder Preparation peserta dipersiapkan dengan pengetahuan dan soft-skill yang diperlukan sebagai calon pemimpin tim dan pemimpin perusahaan.

Adapun pada fase Pre-Incubation, peserta sebagai satu tim akan dibimbing dalam mengeksekusi langkah pertama dalam mendirikan startup-nya dengan berfokus pada eksperimen bisnis untuk memastikan ide produk yang akan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com