Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ITU: Separuh Populasi Dunia Terhubung Internet di Akhir 2016

Kompas.com - 23/11/2016, 14:00 WIB
Aprillia Ika

Penulis

Sumber Reuters

JOHANNESBURG, KOMPAS.com - Lembaga PBB di bidang telekomunikasi, International Telecommunication Union (ITU) memprediksi separuh populasi dunia akan terhubung internet di akhir 2016.

Penyebabnya, yakni pertumbuhan jaringan mobile dan turunnya harga data. Sayangnya, sebagian besar populasi yang terkoneksi internet lebih banyak terkoneksi di negara maju.

Di negara maju, 80 persen populasinya akan menggunakan internet. Namun hanya 40 persen populasi negara berkembang yang menggunakan internet, serta hanya kurang dari 15 persen di negara "less-developed", menurut studi ITU yang dirilis Selasa (22/11/2016).

Di sejumlah negara miskin di Afrika dan sejumlah negara lain yang rapih perekonomiannya, hanya satu dari 10 orang yang terkoneksi internet. rata-rata populasi yang tidak terkoneksi internet (offline) adalah wanita, orang tua, serta yang kurang terdidik, kaum miskin dan hidup di perkotaan.

Secara global, 47 persen populasi dunia akan online, dan jumlah itu masih jauh dari target 60 persen populasi dunia yang online pada 2020. Sebab di tahun ini diperkirakan 3,9 miliar penduduk dunia belum online, sementara 3,5 miliar penduduk lainnya akan online di tahun ini.

"Perkembangan 3G dan 4G di seluruh dunia membawa internet ke lebih banyak masyarakat," tulis ITU.

Di sisi lain, perusahaan telekomunikasi mengembangkan smartphone yang lebih terjangkau sehingga mendorong konsumennya untuk melakukan pencarian melalui internet, dan mendorong permintaan layanan data yang lebih tinggi.

(Baca: Ekonomi Internet Asia Tenggara akan Mencapai Rp 2.734 Triliun di 2025)

Kompas TV Indonesia, Menuju Masyarakat Digital


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com