Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu Korban Gempa, Menhub Siapkan Transportasi Angkut Tenaga Medis

Kompas.com - 08/12/2016, 11:00 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ikut berpartisipasi membantu korban gempa di Aceh.

Kali ini, Budi Karya menyiapkan armada transportasi untuk mengangkut tenaga medis dan obat-obatan ke daerah terkena imbas gempa di Aceh. 

"Saya turut berbela sungkawa atas peristiwa gempa di Aceh yang memakan banyak korban. Kemenhub segera membantu dengan menyediakan bantuan tranportasi untuk mengangkut bantuan medis obat obatan dan tenaga medis serta bantuan lainnya," ujar Budi Karya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jakarta, Kamis (8/12/2016). 

Budi Karya mengatakan, dirinya bekerja sama dengan operator transportasi baik di darat, laut, maupun udara dalam menyiapkan bantuan transportasi tersebut.

"Dukungan telah datang dari maskapai penerbangan dan perusahaan pelayaran," katanya.

Selain itu, kata dia, pada sektor darat, Dirjen Perhubungan Darat bekerja sama dengan Organisasi Angkutan Darat (Organda) Pusat dan Provinsi akan mengerahkan moda bus dan truk untuk memobilisasi bantuan transportasi.

Seperti diberitakan sebelumnya, gempa berkekuatan 6,5 SR menghantam Pidie, Pidie Jaya dan Kabupaten Bireuen, Rabu (7/12/2016) sekitar pukul 05.00 WIB. 

Akibatnya, ratusan warga luka-luka dan puluhan meninggal dunia akibat tertimpa reruntuhan bangunan di Pidie dan Pidie Jaya.  Puluhan rumah dan toko rusak parah. 

Gempa ini juga merusak sebagian bangunan di Kabupaten Bireuen.

Kompas TV Dampak Wilayah Indonesia Berada di Cincin Api Pasifik (Bag 1)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com