Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahana Securities: BI 7-Day Repo Rate Diperkirakan Bertahan di 4,75 Persen

Kompas.com - 15/12/2016, 13:01 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) yang saat ini ditunjukkan dengan 7-days reverse repo rate diperkirakan bertahan di level 4,75 persen.

Bahana Securities memperkirakan hal tersebut dikarenakan tekanan inflasi pada musim liburan jelang akhir tahun yang selalu mengalami kenaikan, meski tidak cukup besar. Selain itu, pertimbangan lain adalah nilai tukar rupiah yang masih berfluktuasi, apalagi setelah Federal Reserve menaikkan suku bunga 25 basis poin pada hari ini.

"Meski sudah diekspektasikan oleh pasar, namun tren kenaikan indeks dollar AS yang terus berlangsung ke level 102 akan memberikan ruang yang kecil bagi BI untuk menurunkan suku bunga acuan saat ini," kata ekonom Bahana Securities Fakhrul Fulvian, melalui keterangan tertulis Kamis (15/12/2016).

Fakhrul mengatakan, sesuai dengan ekspektasi pasar hari ini the Fed menaikkan kembali Fed Fund Rate ke 0,5 persen - 0,75 persen. The Fed juga menaikkan proyeksi suku bunga acuan ke kisaran 1,1 persen - 1,4 persen di 2017.

Meski secara musiman tekanan inflasi mengalami tekanan kenaikan pada Desember, Bahana meyakini inflasi hingga akhir tahun kemungkinan tidak akan melampaui 3,3 persen. Dengan kata lain, target inflasi bank sentral akan tercapai sekitar 3 persen - 3,5 persen.

"Ke depan Bahana memperkirakan BI 7-days repo rate akan berada pada fase yang akomodatif, walaupun prospek harga minyak yang naik akan membatasi langkah bank sentral untuk bermanuver dengan suku bunga," imbuh Fakhrul.

Dengan berbagai kebijakan di dalam negeri dan global yang terjadi, Bahana memperkirakan rupiah akan berada pada kisaran 13.500 per dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com