Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Uang Rupiah Ini Motifnya seperti Uang Luar Negeri..."

Kompas.com - 20/12/2016, 20:20 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Rahmansyah (54) tampak menanti petugas penukaran uang tunai Bank Indonesia (BI) menghitung uang yang akan ditukarnya.

Tak berapa lama kemudian, petugas memberikan Rahmansyah beberapa paket uang rupiah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tahun emisi 2016.

Senyum terkembang di wajah Rahmansyah ketika menerima beberapa “gepok” uang rupiah kertas tersebut, yakni pecahan Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, dan Rp 2.000.

Dengan percaya diri, ia memamerkannya kepada fotografer dan masyarakat lain yang juga mengantri untuk menukarkan uang mereka di Blok M Square, Senin (19/12/2016).

Rahmansyah mengaku senang dapat memiliki uang rupiah desain baru tersebut. Dalam kesempatan itu, pria yang berprofesi sebagai pelukis yang biasa “mangkal” di Blok M Square tersebut menukarkan uang senilai Rp 3,8 juta miliknya dengan uang NKRI tahun emisi 2016.

“Uang yang ini menurut saya lebih bagus dibandingkan yang lama. Uang rupiah ini motifnya seperti uang luar negeri,” ujar Rahmansyah.

Ia mengaku menukarkan uang rupiah lama dengan yang baru untuk dapat ditunjukkan kepada anak-anaknya di rumah.

Ia yakin, buah hatinya sangat senang ketika melihat uang rupiah desain baru tersebut. Rahmansyah menyatakan, baginya uang rupiah bernilai sangat tinggi karena proses pembuatannya hingga akhirnya diedarkan kepada masyarakat sangat rumit dan panjang.

Oleh sebab itu, ia berharap masyarakat luas dapat merawat dan menjaga uang rupiah dengan sebaik-baiknya.

“Kalau bisa, uang harus dipelihara dengan bagus. Uang ini sangat berharga dan nilainya tinggi, kalau tidak mengerti maka pasti dianggap sepele,” ungkap pria yang berdomisili di Petogogan, Jakarta Selatan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com