Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dermaga VI Merak Ditargetkan Beroperasi Sebelum Sea Games 2018

Kompas.com - 26/12/2016, 13:45 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Faik Fahmi mengatakan, pihaknya tengah fokus pada penyelesaian pembangunan serta mengakselerasi proses tender dermaga VI Pelabuhan Merak.

"Kendala kita bukan jumlah kapal, tetapi dermaga yang masih kurang. Saat ini, untuk meningkatkan produktivitas dermaga, kita percepat port time dari 60 menit menjadi 45 menit, dan saling time dari 120 menit menjadi 100 menit," ujar Faik dalam keterangan tertulisnya, Senin (26/12/2016).

Ditargetkan pembangunan dermaga VI Pelabuhan Merak dapat rampung seluruhnya pada Februari 2017. Di samping itu, untuk dermaga VII di Bakauheni perkembangannya sudah mencapai 35 persen, dan untuk dermaga VII di Merak masih dalam proses tender.

Faik optimistis dapat menyelesaikan satu persatu rencana pembangunan dermaga di pelabuhan Merak dan Bakauheni, sesuai dengan target yang ditentukan.

"Untuk layanan premium, kami harapkan dapat terealisasi di dermaga VI sebelum perhelatan Sea Games 2018," terangnya.

Selain itu, kata Faik, pengguna jasa dengan kendaraan golongan IV penumpang dapat menikmati jasa lounge ataupun fasilitas valet parking di atas kapal.

"Nantinya diharapkan kendaraan golongan IV penumpang dapat menikmati layanan lebih di pelabuhan maupun di atas kapal," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com