Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPS: Februari, Harga Pangan Sangat Terkendali

Kompas.com - 01/03/2017, 14:36 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari tujuh kelompok pengeluaran penyumbang inflasi, hanya bahan makanan yang deflasi pada Februari 2017. Angka deflasinya mencapai minus 0,31 persen, atau berkontribusi minus 0,09 persen terhadap inflasi.

Padahal pada Februari lalu, cuaca relatif buruk dengan curah hujan yang tinggi. Selain itu, bencana banjir juga terjadi di sejumlah daerah.

"Namun dari data yang kami kumpulkan selama Februari, kenaikan harga komoditas pangan sangat terkendali," ujar Kepala BPS Suharyanto, Jakarta, Rabu (1/3/2017).

Menurutnya, terjaganya harga pangan selama Februari merupakan hasil upaya pemerintah dan Bank Indonesia menjaga lagu inflasi. Di antaranya yakni penguatan infrastuktur logistik pangan dan membuat sistem data lalu lintas barang.

Kerja sama pemerintah dan BI dinilai sangat sentral untuk menjaga laju inflasi dari harga pangan. Apalagi pada Maret nanti pemerintah berencana menaikan tarif listrik.

Bila harga pangan melonjak, maka angka inflasi bisa terkerek naik lebih tinggi. Harga pangan yang harus terus diperhatikan adalah harga pangan yang mudah busuk misalnya cabai.

Pada Februari lalu, meski sebagian besar harga pangan turun, harga cabai rawit dan bawang merah justru naik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com