Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raih Sertifikat IOSA, Lion Air Lolos Standar Keselamatan Internasional

Kompas.com - 13/03/2017, 19:37 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai Penerbangan Lion Air berhasil meraih sertifikat IATA Operational Safety Audit (IOSA). Atas raih ini, penerbangan Lion Air telah memenuhi keselamatan internasional.

Presiden Direktur Lion Air Group Edward Sirait menerangkan, perusahaan telah menunggu selama setahun untuk mendapatkan sertifikat tersebut. Hal tersebut karena adanya persyaratan-persyaratan tertunda yang dilakukan perusahaan.

"Kami sudah proses kurang lebih setahun yang lalu ada pending-pending proses yang kami diperbaiki. Sebenarnya Kami masalahnya di dokumentasi," ujar Edward di Kantor Lion Group di Jakarta, Senin (13/3/20017).

Edward menuturkan, penerbangan Lion Air akan dinilai positif oleh negara lain, karena penerbangannya telah sesuai dengan standar keselamatan internasional.

"Sebenarnya keuntungannya apakah kami sesuai dengan ketentuan-ketentuan keselamatan internasional dalam hal operasi. Kalau sesuai banyak benefitnya. Yang terpenting komitmen melaksanakan keselamatan penerbangan," jelasnya.

Edward pun menargetkan, semua maskapai naungan Lion Group seperti, Wings Air dan Malindo Air pada tahun ini telah meraih sertifikat IOSA. Saat ini, hanya Lion Air, Thai Lion Air dan Batik Air yang telah mendapatkan Sertifikat IOSA.

"Batik kan sudah, tinggal Wings Air dan Malindo Air. Akan tetapi sudah diaudit semuanya, Wings sudah, Malindo juga sudah. Jadi kami tinggal nunggu," tandasnya.

Sekadar informasi, Batik Air telah meraih sertifikat IOSA pada November tahun lalu. Saat ini, Lion Air Group telah melayani penerbangan ke lebih dari 44 destinasi domestik yang tersebar di seluruh Indonesia, dan empat destinasi internasional menuju Singapura, Malaysia, China, dan Arab Saudi.

(Baca: Lion Air, Batik Air, dan Citilink Bisa Terbang ke Eropa)

Kompas TV 3 Maskapai Ini Bisa Mengudara di Eropa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com