Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Fokus Bangun Infrastruktur di Jawa Bagian Selatan

Kompas.com - 16/03/2017, 08:25 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menyatakan pemerintah akan fokus meningkatkan pembangunan infrastruktur di wilayah Jawa bagian selatan. 

Ini dilakukan untuk mengurangi kesenjangan dan ketimpangan antara Jawa bagian utara dan Jawa bagian selatan. 

"Intinya, pemerintah ingin meningkatkan konektivitas Jawa bagian selatan, misalnya pembangunan rel kereta api bagian utara sudah double track, karena itu pemerintah sekarang fokus membangun infrastruktur wilayah Jawa bagian selatan," ujar Bambang dalam keterangan tertulis Jakarta, Rabu (15/3/2017).

Bambang menuturkan, proyeksi pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 6,1 persen. Untuk mencapai itu, membutuhkan kontribusi pembangunan wilayah per pulau.

Khusus untuk provinsi Yogyakarta yang notabene masuk Jawa bagian selatan, diharapkan dapat tumbuh 6,02 persen dengan menjaga momentum pertumbuhan keempat sektor. 

"Pertumbuhan ekonomi Provinsi DIY perlu didukung oleh sektor industri pengolahan, sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan, sektor penyediaan akomodasi dan makan minum, sektor konstruksi, serta sektor jasa pendidikan dengan kontribusi total sebesar 51,84 persen," jelasnya. 

Selain itu, terang dia, untuk mencapai pertumbuhan ekonomi tersebut pemerintah memiliki dua langkah konkret.

Pertama, investasi pemerintah secara selektif dengan fokus pada proyek yang mendorong produktivitas dan peningkatan aktivitas sektor swasta, seperti infrastruktur transportasi dan logistik.

"Kedua, pemberian fasilitas kebijakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dengan penghapusan hambatan yang menghalangi berkembangnya swasta di enam sektor utama, pembenahan iklim investasi di daerah, pemanfaatan dan penyaluran dana repatriasi untuk investasi, menjaga daya beli masyarakat, serta reformasi struktural," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com