Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sido Muncul Masuk Pasar Filipina dan Jepang Tahun Ini

Kompas.com - 25/03/2017, 20:58 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.COM - Produsen jamu dan herbal PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, tahun ini berencana memasuki pasar Filipina dan Jepang. Hal itu dikatakan Direktur Utama PT Sido Muncul Irwan Hidayat di sela menerima kunjungan delegasi Women's International Club (WIC) di pabrik jamu Sido Muncul di Semarang.

Irwan mengatakan, porsi produk Sido Muncul untuk pasar ekspor saat ini berkisar 4 sampai 5 persen dari total penjualan. Ia menolak angka tersebut terbilang kecil, lantaran pertumbuhannya selalu dibarengi dengan peningkatan penjualan di dalam negeri.

"Kalau pasar internasional sekitar 4 sampai 5 persen, karena setiap kali ekspor tumbuh, Indonesia juga tumbuh. Tahun ini kita akan masuk secara resmi ke Filipina, terus ke Jepang," kata Irwan.

"Kita (juga) lagi mempertimbangkan Taiwan sama Korea Selatan," imbuhnya.

Saat ditanya berapa penjualan yang diproyeksikan dari pasar resmi di Filipina dan Jepang tesebut, Irwan menyebutkan pada tiga tahun pertama akan fokus pada pengenalan produk kepada konsumen. Sehingga pada tahun tersebut, Sidomuncul tidak akan memasang target penjualan.

"Ini kan memasarkan, mungkin mulai berhasil pada tahun ketiga," jelasnya.

Seperti diketahui pada tahun 2015, petinju top dunia Emmanuel ‘Manny’ Pacquiao datang ke Indonesia untuk membintangi iklan produk dari Sido Muncul.

Saat itu Irwan berharap kehadiran "Pacman" di iklan terbaru Sido Muncul bisa membuat produk Indonesia merambah di pasar internasional dengan menembus Filipina, Thailand, Malaysia, Singapura dan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com