Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membaik, Kredit Macet Bank Permata Turun Dekati Lima Persen

Kompas.com - 29/03/2017, 20:30 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Permata Tbk (BNLI) mengklaim telah mengalami perbaikan drastis dari sisi rasio kredit macet atau Non Performing Loan (NPL) gross, hingga jelang akhir kuartal-i 2017.

"Sekarang (NPL gross) sekitar 6 persen. Tahun lalu kan kami mulainya dengan hampir 9 persen (8,83 persen). Jadi sudah cukup banyak melajunya," kata Direktur Utama Bank Permata Ridha DM Wirakusumah, di Jakarta, Rabu (29/3/2017).

Bahkan Ridha yakin, NPL gross Bank Permata sudah lebih baik kisaran 5,9 persen - 6 persen. Sedangkan untuk NPL net-nya, ia memperkirakan terjaga di 2,1 persen hingga 2,2 persen.

Ridha pun optimistis, hingga akhir tahun ini, NPL gross anak usaha PT Astra Internasional Tbk (ASII) itu bisa turun di bawah 5 persen.

"Caranya untuk mencapai di bawah 5 persen macam-macam. Satu, dengan berbenah kredit macet, dengan berbagai macam cara," ujar Ridha.

Kedua, lanjutnya, memperkuat fundamental pemberian kredit, misalnya dari segi kompetensi personalianya, kebijakan, otoritas atau wewenang, pemilihan industri dan nasabah penerima utang.

"Nasabahnya karakternya baik atau tidak. Kadang-kadang kalau sulit, ya tidak usah dikasih," katanya. "Jadi, kami perbaiki yang ada di buku (restrukturisasi). Tetapi, ke depan kami lebih berhati-hati," ucap Ridha.

(Baca: Konglomerat Tahir Memburu Bank Permata)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com