Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba Operasional Samsung Electronics Melonjak 50 Persen

Kompas.com - 07/04/2017, 17:36 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNBC

JAKARTA, KOMPAS.com - Raksasa elektronik asal Korea Selatan, Samsung Electronics mengekspektasikan peningkatan laba operasional hampir 50 persen pada kuartal I 2017. Akan tetapi, perseroan tidak menjabarkan kinerja bisnisnya.

Mengutip CNBC, Jumat (7/4/2017), dalam dokumen kepada regulator, Samsung menyatakan laba operasional konsolidasi pada kuartal I 2017 mencapai 9,9 triliun won atau 8,76 miliar dollar AS.

Angka itu naik 48,2 persen secara tahunan. Adapun pendapatan pada kuartal I 2017 diprediksi setidaknya mencapai 50 triliun won, naik 0,44 persen secara tahunan. Namun, prediksi ini gagal memikat investor, karena saham Samsung turun 0,96 persen pada sesi awal perdagangan Jumat.

Dalam paparan terkininya, terlihat bahwa bisnis komponen Samsung telah menjadi pendorong kinerja keuangan raksasa elektronik tersebut. Ini berkat tumbuhnya permintaan memory chip dan layar display OLED dari produsen ponsel pintar lainnya.

Bisnis semikonduktor, yang juga menjual memory chip ke Apple, adalah juara pada kinerja keuangan Samsung pada kuartal IV 2016. Laba operasional unit bisnis itu tumbuh 77 persen secara tahunan dan menyumbang sekitar 47 persen dari total laba Samsung.

Meskipun demikian, Samsung dirundung rangkaian kontroversi, dimulai pada tahun 2016 lalu dengan meledak dan terbakarnya perangkat Galaxy Note 7. Kemudian, pimpinan de facto Samsung Jay Y Lee ditangkap karena dugaan keterlibatan pada skandal korupsi yang membuat Presiden Park Geun Hye digulingkan.

Namun begitu, para analis menyatakan penangkapan Lee diekspektasikan tidak memberikan dampak besar bagi citra global Samsung. Adapun dampak dari masalah Galaxy Note 7 tampaknya mulai surut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com