Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awal Pekan, IHSG Lanjutkan Penguatan di Sesi Pembukaan

Kompas.com - 22/05/2017, 09:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat di awal perdagangan Senin (22/5/2017).

Pada perdagangan awal pekan ini, indeks melanjutkan penguatan dari pekan lalu setelah Standard and Poors (S&P) memasukkan memberi peringkat investment grade atau BBB- dengan outlook stabil kepada Indonesia.

Penguatan ini juga mengikuti bursa regional yang menghijau di sesi pembukaan seiring dengan membaiknya Wall Street pada pekan lalu.

Pukul 09.10 IHSG dibergerak menguat sebesar 56,8 poin atau 0,98 persen di posisi 5.848,68. Sebanyak 137 saham diperdagangkan menguat, 46 saham melemah dan 84 saham stagnan.

Saham-saham yang menopang indeks di antaranya MYRX, TLKM, BBRI, BMRI, ASII, dan BBNI. Sementara itu saham yang membebani IHSG di antaranya NIKL.

Dari regional, bursa di kawasan Asia Pasifik dibuka menghijau pagi ini. Penguatan bursa Asia didorong pemulihan bursa AS Jumat lalu.

Indeks Nikkei di Jepang menguat 0,64 persen sementara ASX 200 di Australia bertambah 0,42 persen. Sementara itu indeks Kospi di Korea Selatan melaju 0,55 persen.

Seiring dengan penguatan IHSG, nilai tukar rupiah pada pagi ini juga menghijau. Mengutip Bloomberg, rupiah di pasar spot diperdagangkan menguat di level Rp 13.297 per dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com