Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Tulang Sapi Pun Naik Hingga Rp 100.000 Per Kg

Kompas.com - 05/06/2017, 17:44 WIB
Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com - Harga daging sapi di Bengkulu tetap bercokol di harga Rp 120.000 per kilogram (kg). Namun tidak dengan harga tulang sapi. 

Di Bengkulu, harga tulang sapi kini mencapai Rp 100.000 per kilogram. Sebelumnya, menjelang puasa Ramadhan harga tulang sapi dijual Rp 60.000 per kilogram.

Para pedagang mencatat adanya kenaikan drastis dalam dua pekan Ramadhan harga tulang sapi mengalami kenaikan harga cukup drastis.

Beberapa pedagang di pasar dalam Kota Bengkulu mengatakan, kenaikan harga tulang sapi ini disebabkan oleh tingginya permintaan masyarakat.

"Permintaan tulang sapi meningkat tiga kali lipat selama bulan puasa baik untuk konsumsi rumah tangga maupun restoran dan rumah makan," kata Nawan salah seorang penjual daging di Pasar Tradisional Modern, Kota Bengkulu, Senin (5/7/2017).

Nawan mencontohkan, permintaan dari salah satu restoran pada hari sebelum Ramadhan hanya lima kilogram per hari, sekarang menjadi 15 kilogram tulang per hari.

"Permintaan tulang sapi ini biasanya dibuat sop dan pindang tulang dan menu lainnya," kata Nawan. 

Sementara itu permintaan terhadap daging sapi tak mengalami lonjakan. Pasalnya, pemerintah juga menyediakan daging kerbau beku impor asal India guna memenuhi kebutuhan daging masyarakat selama Ramadhan. Daging kerbau beku didapat dengan mudah di kios milik Bulog.

(Baca: Daging Kerbau Belum Efektif Turunkan Harga Daging Sapi)

Kompas TV Menteri Perdagangan sangat yakin tidak ada harga daging sapi di atas Rp 100 Ribu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com