Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berharap Kenaikan Rupiah Lebih Lanjut

Kompas.com - 13/02/2014, 08:00 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Penguatan rupiah pada perdagangan sebelumnya menimbulkan harapan kenaikan lebih lanjut pada Kamis (13/2/2014) ini. Rupiah diproyeksikan tengah mencari level psikologis barunya.

Menarik melihat pergerakan laju nilai tukar rupiah yang berhasil menguat justru pasca dirilisnya pidato Gubernur The Federal Reserve, Janet Yellen. Menurut riset Trust Securities, jika pada pidato-pidato Gubernur The Fed sebelumnya laju rupiah cenderung terkoreksi, terutama setelah diumumkannya penarikan stimulus The Fed namun, tidak kali ini.

Pidato perdana itu justru memberikan imbas positif bagi laju Rupiah. Pelaku pasar mencoba mengasumsikan positif, dengan komitmen Yellen untuk memajukan ekonomi AS maka akan berpengaruh pada laju ekspor Indonesia yang nantinya berimbas positif pada neraca perdagangan.

Riset Panin Sekuritas menyatakan yield SUN turun cukup berarti dan telah mencapai level psikologis baru. Untuk 10 tahun di bawah 9 persen dan 5 tahun di bawah 8 persen. Kurs rupiah pun mendekati batas psikologis baru di level Rp 12.100 per dollar AS.

Laju rupiah berada di atas resisten Rp 12.168 per dollar AS. Hari ini rupiah diproyeksikan berada di rentang Rp 12.155-12.104 per dollar AS (kurs tengah BI).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com