Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membangun Indonesia, Ini yang Dijanjikan Prabowo dan Jokowi

Kompas.com - 15/06/2014, 19:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebentar lagi debat capres antara Prabowo Subianto dan Joko Widodo yang mengangkat persoalan ekonomi dan pembangunan akan segera digelar, Minggu (15/6/2014). Masing-masing membawa konsep ekonomi, yang kurang lebih bertemakan kerakyatan.

Secara garis besar, pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla telah menyampaikan konsep ekonomi yang dibawanya. Berikut adalah ringkasan platform ekonomi yang diusung masing-masing pasangan:

Prabowo dan Hatta

1. Memprioritaskan peningkatan alokasi anggaran untuk program pembangunan pertanian, kehutanan, perikanan dan kelautan, koperasi dan UMKM, serta industri kecil dan menengah.

2. Mendorong perbankan nasional dan lembaga keuangan lainnya untuk memprioritaskan penyaluran kredit bagi petani, peternak, nelayan, buruh, pegawai, industri kecil menengah, pedagang tradisional dan pedagang kecil lainnya.

3. Mendirikan Bank Tani dan Nelayan yang secara khusus menyalurkan kredit pertanian, peternakan, perikanan dan kelautan serta memperbesar permodalan lembaga keuangan mikro.

4.  Melindungi dan memodernisasi pasar tradisional serta mengkonsolidasi belanja negara untuk program pengembangan koperasi dan UMKM dan revitalisasi pasar tradisional.

5. Melindungi dan memperjuangkan hak-hak buruh termasuk buruh migran (TKI/TKW).

6. Mengalokasikan dana minimal Rp 1 miliar per desa atau kelurahan setiap tahun secara langsung.


Jokowi-JK

1. Pembangunan infrastruktur seperti jalan baru sepanjang 2.000 kilometer, sebagai upaya untuk mewujudkan salah satu dari Sembilan Agenda Prioritas.

2. Calon presiden Joko Widodo berjanji akan membangun 25 bendungan untuk irigasi sawah-sawah petani di berbagai daerah di Indonesia.

3. Membangun rel ganda (double track) di Sumatera.

4. Mendirikan bank khusus untuk melayani nelayan dan petani.

5. Merancang strategi untuk melakukan transformasi energi dari yang selama bertumpu pada BBM ke sumber energi lain yang lebih murah.

6. Membangun "tol laut", yaitu meningkatkan konektivitas transportasi antarpulau.

7. Meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia dan menggagas program bernama "Indonesia Kerja".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com