Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Tahun MP3EI, Pemerintah Klaim Mayoritas Pembangunan ada di Luar Jawa

Kompas.com - 03/09/2014, 11:39 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) sekaligus Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Armida Alisjahbana mengatakan, realisasi MP3EI disektor infrastruktur dan sektor rill selama tiga tahun ini mencapai Rp 854 triliun. Mayoritas pembangunan itu kata Armida berada di luar Pulau Jawa.

"Sejak MP3EI diluncurkan, sudah lebih dari 350 proyek dengan investasi Rp 854 triliun. Sebagian besar di luar Jawa Rp 544 triliun di sektor infrastruktur dan sektor rill," ujar Armida saat membuka acara realisasi tiga tahun MP3EI di JCC, Jakarta, Rabu (3/9/2014).

Dia menjelaskan, berdasarkan konsep pembangunan MP3EI, maka pembangunan tersebut tidak hanya melibatkan pemerintah dan BUMN saja tetapi juga melibatkan pihak swasta. Dalam proyek yang sudah groundbreaking misalnya, Rp 157 triliun investasi berasal dari BUMN, Rp 133 triliun dari pemerintah, Rp 29 triliun swasta, dan Rp 98 triliun investasi campuran.

Sementara itu, proyek yang akan groundbreaking dalam waktu dekat ini, kata Armida, nilainya mencapai Rp 443 triliun dengan 132 proyek pembangunan.

Armida mengakui, masih ada proyek pembangunan yang belum berjalan dengan baik. Dia pun berharap agar masalah-masalah tersebut bisa diatasi. "Kita juga mengakui masih banyak yang belum tercapai karena masalah klasik, seperti masalah lahan, tata ruang yang belum selesai," kata Armida.
baca juga: Menteri Kelautan: Asing Dilarang Beli Pulau di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com