Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RI-Malaysia Targetkan Kerja Sama Ekonomi 30 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 19/12/2013, 14:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pertemuan tahunan antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Abdul Razak menghasilkan kesepakatan di bidang ekonomi.

Kedua kepala sepakat meningkatkan kerja sama ekonomi menjadi 30 miliar dollar AS pada tahun 2015. Sebagai perbandingan, tahun 2012 kemarin, kerja sama ekonomi kedua negara senilai 23 miliar dollar AS.

"Kerja sama ekonomi kedua negara, baik perdagangan maupun investasi, terus meningkat. Nilai perdagangan tahun lalu mencapai 23 miliar dollar AS. Kami ingin kerja ekstra keras, bisa meningkatkannya lagi menjadi 30 miliar dollar AS pada akhir tahun 2015," tutur Presiden SBY dalam pernyataan pers bersama PM Najib di Istana Merdeka, Kamis (19/12/2013).

Presiden menjelaskan, kedua negara sepakat mencari segala upaya untuk meningkatkan sasaran bilateral kedua negara. Sejauh ini, kerja sama di bidang investasi membaik dan positif. Karena itu, kedua kepala pemerintahan sepakat untuk terus menggalakkan investasi timbal balik.

Dalam pertemuan itu, sejumlah isu lain juga dibahas, di antaranya terkait adanya warga negara Indonesia (WNI) di Malaysia. Presiden mengklaim, kebijakan pemerintah menangani WNI tinggal di negeri jiran semakin baik.

Indonesia, menurut SBY, telah mengusulkan kepada Malaysia agar menyediakan fasilitas community learning center untuk anak-anak tenaga kerja Indonesia (TKI) di Malaysia. Usulan itu sudah ditindaklanjuti dan dibangun di Sabah, Malaysia.

Indonesia juga kembali mengusulkan agar Malaysia membangun lagi fasilitas community learning center untuk anak-anak TKI di Serawak. Najib juga telah menyetujuinya. (Noverius Laoli)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com