Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bernanke: Ekonomi Amerika Akan Kembali Kuat pada 2014

Kompas.com - 04/01/2014, 10:55 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber AP

WASHINGTON, KOMPAS.com - Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) Ben Bernanke, Jumat (3/1/2014) siang waktu setempat, mengatakan faktor-faktor yang menahan pemulihan ekonomi Amerika sudah mereda. Dia pun menyatakan optimismenya bahwa ekonomi Amerika akan tumbuh kuat pada 2014.

Bernanke mengatakan bahwa keuangan Amerika sudah kembali membaik. Prospek penjualan rumah, ujar dia, juga sudah membaik kembali. Sebagai catatan, krisis keuangan Amerika Serikat dipicu dari persoalan terkait masalah properti ini.

Dalam pidato tersebut, Bernanke juga berharap pemulihan ekonomi akan terbantu oleh penghematan anggaran dan peningkatan penerimaan pajak. Gabungan dari seluruh faktor tersebut, menurut dia akan mendorong perbaikan ekonomi Amerika pada kuartal pertama 2014.

Pidato Bernanke ini akan menjadi salah satu pidato terakhir dalam masa jabatannya sebagai Gubernur The Fed. Dia akan pensiun pada akhir bulan ini, setelah 8 tahun mengawal The Fed melewati krisis keuangan, seiring upaya mendorong The Fed menjadi lebih transparan dan akuntabel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com